Welcome to Alislamarrahman

Ahlu Sunnah Wal Jamaah

Miracle of Syuhada (Karamah Syuhada)

In the name of Allah, Most Beneficent, Most Merciful

Para mujahidin yang berperang di jalan Allah (jihad fii sabilillah) insha Allah merupakan tentara terbaik di muka bumi ini. Merekalah pasukan yang siap membela Allah, agama, dan kehormatan kaum muslimin dari kezhaliman kaum kuffar. Tentunya kita mengetahui keutamaan-keutamaan mati syahid dan balasan apa yang akan diterimanya. Banyak hadist-hadist yang membahas masalah jihad. Adapun artikel ini hanya membahas tentang beberapa karamahnya saja.

Jasad Syuhada Yang Tidak Mengalami Pembusukkan

Jabir bin Abdillah bercerita, ”Menjelang perang Uhud, ayahku memanggilku pada malam hari. Ia berkata: ’Aku merasa akan menjadi orang yang paling pertama gugur di antara para sahabat Nabi SAW. Sungguh aku tidak meninggalkan sesuatupun yang lebih kusayangi selain engkau, disamping Nabi SAW. Sesungguhnya aku memiliki hutang, maka lunasilah. Dan bersikap baiklah kepada saudara-saudara perempuanmu.’ Keesokan harinya, ia pun menjadi orang yang pertama gugur. Ia dimakamkan bersama orang yang lain dalam satu lubang kubur. Tetapi hatiku merasa kurang nyaman membiarkan ayahku membagi lubang kubur bersama orang lain. Enam bulan kemudian, aku membongkar makamnya dan mengeluarkannya. Ajaib, jasadnya masih tetap utuh sama seperti pertama kali aku menguburkannya.” (HR. Bukhari, Fathul Bari, 3/214 )

Petikan hadist di atas membuktikan dimana ayah Jabir terbunuh dalam perang Uhud dan ketika enam bulan kemudian makamnya dibongkar, maka jasadnya tetap utuh. Enam bulan adalah waktu yang lama di mana tubuh mayat seharusnya sudah hancur berantakan. Penelitian membuktikan bahwa 24-36 jam pertama mayat dikuburkan, maka bola mata mulai menonjol dan kornea menghitam. Cabang-cabang urat nadi mulai terlihat di perut dan dada. 2-5 hari berikutnya, wajah dan seluruh tubuh menggelembung, dari tubuh mayat keluar bau busuk. Setelah melewati 5-10 hari, kulit mulai rapuh dan tubuh di kerubungi larva. Organ-organ tubuh meleleh ke tanah dan mulai menyisakan tulang saja. (dinukil dari buku Ushuluth Thibbisy Syar’i, Dr. Muhammad Ahmad Sulaiman)

Kesaksian para saksi mata:

  1. Maulawi Abdul Karim berkata: Saya melihat kira-kira 1200 mujahidin yang syahid, saya tak melihat satupun dari tubuh mereka yang berubah. Saya juga tidak melihat satupun jasad mereka yang dimakan anjing, padahal anjing-anjing itu memakan tentara komunis.
  2. Fathullah berkata: Kami mengeluarkan jasad Asy Syahid Tamir Khan dari kuburnya setelah tujuh bulan berlalu, tubuhnya tidak berubah sama sekali dan darahnya tetap mengalir dengan bau minyak kesturi.
  3. Jallaludin Haqqani berkata: Aku tak pernah melihat jasad seorang syuhada dimakan anjing. Aku pernah melihat jasad seorang syuhada bernama Jalab yang tergeletak selama 25 hari dan di sekitarnya terdapat mayat-mayat tentara komunis. Anjing-anjing memakan sebagian besar mayat komunis itu tapi sama sekali tidak menyentuh jasad mujahid yang syahid itu. (Dinukil dari buku Karamat Al Mujahidin fi Sahat Al Jihad)

Burung Mendatangi Syuhada Yang Gugur

Dalil yang bisa dijadikan hujjah mengenai burung yang terkadang terbang di atas pemakaman syuhada yang gugur yaitu; ”Ibnu Abbas meninggal di Tha’if. Sejenis burung yang belum pernah terlihat sebelumnya iktu menghadiri jenazahnya lalu masuk kedalam peti jenazah. Kami mengamati apakah burung itu sudah keluar, ternyata tak seorangpun melihat burung tersebut sudah keluar. Ketika be;liau dikuburkan, terdengar lantunan ayat di pinggir kuburannya tanpa seorangpun tahu siapa yang membacanya; Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Allah dengan hati yang puas dan diridhai-Nya (Al Fajar 27-28).” (Hakim dan Thabrani)

Diriwayatkan dari Masruq, ia berkata; ”Ibnu Mas’ud pernah ditanya tentang ayat; Janganlah kamu mengira orang yang terbunuh di jalan Allah itu mati. Sesungguhnya mereka hidup di sisi Tuhannya lagi mendapat rezeki (Ali Imran 169), beliau menjawab; ’Kami juga pernah menanyakan hal ini kepada Nabi SAW, beliau menjelaskan; Roh mereka berada di dalam seekor burung berwarna hijau yang berlalu lalang di dalam surga, kemudian kembali ke dalam pelita. Allah bertanya padanya; ’Apa kalian menginginkan sesuatu?’ Mereka menjawab; ’Apa lagi yang kami inginkan sementara kami bisa berlalu lalang di surga sekehendak hati’. ’ Ketika penawaran itu berlangsung tiga kali, mereka pun akhirnya meminta; ’Ya Tuhan, kembalikan kami ke dalam jasad sehingga kami bisa terbunuh di jalanmu (syahid) sekali lagi.’ Ketika Allah mendapati mereka tak punya kebutuhan apa-apa lagi, maka mereka baru ditinggalkan.(HR. Muslim)

Terkadang Darah Syuhada Yang Gugur Sewangi Minyak Kesturi

Salah satu karamah yang biasa didapati dari syuhada yakni darah yang mengalir dari luka biasa mengeluarkan wangi kesturi. Dalil yang bisa dijadikan hujjah yaitu; Muhammad bin Syurahbil berkata; ”Seseorang ingin menggali tanah pekuburan Sa’ad bin Muadz. Ketika dia mau membukanya, terciumlah aroma kesturi. Nabi SAW bersabda; ’Subhanallah, subhanallah!!’ hingga rasa senang tampak pada wajah beliau.” (Riwayat Abu Nu’aim dalam kitab Al Kanzu, 7/41. Sanadnya shahih)

Apa Yang Dikatakan Ulama Tentang Karamah?

Sheikh Bin Baz berkata: ”Merupakan kabar gembira dari kemenangan mereka, Insha Allah.”

DR. Umar Al Asyqar berkata: ”Hal yang terpenting adalah shahihnya riwayat, jika para perawi adalah orang yang jujur, maka wajib mengumumkannya bik itu masuk akal maupun tidak.”

Imam Ath Thahawi berkata: ”Kami mengimani adanya karamah-karamah dan riwayat-riwayat mereka shahih dari perawi yang terpercaya.”

Imam Abil Iz berkata: ”Mukjizat secara bahasa adalah mencakup segala kejadian luar biasa. Demikian pula makna karamah dalam istilah ulama terdahulu.”

Ibnu Taimiyah berkata: ”Karamah para sahabat, tabi’in dan orang shalih adalah sangat banyak.” Beliau juga berkata di lain tempat: ”Karamah yang paling baik dari wali Allah adalah yang mnjadi hujjah dalam dien ketika kaum muslimin membutuhkannya, sebagaimana halnya dengan mukjizat juga demikian.” (Dinukil dari buku Karamat Al Mujahidin fi Sahat Al Jihad)

Wallahu’alam bishowab…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Arsip

%d blogger menyukai ini: