Welcome to Alislamarrahman

Ahlu Sunnah Wal Jamaah

Apakah Islam Itu?

In the name of Allah The Most Beneficent, The Most Merciful

Segala puji bagi Allah yang telah memberi nikmat terbesar bagi kita kaum muslimin sekalian. Nikmat tersebut adalah nikmat Iman dan Islam. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi orang yang tetap teguh berada di atas agama yang haq ini. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya agama yang diridhai di sisi Allah hanyalah Islam” (Ali Imran: 19). Dapat dipahami dari ayat yang mulia tersebut bahwa tiada agama lain yang memberi jalan keselamatan selain agama ini. Mungkin ada agama-agama lain selain Islam di dalam kehidupan ini, namun agama-agama tersebut takkan bisa mendapatkan ridha Allah.

Islam adalah agama yang haq (benar) dimana setiap pemeluknya menyembah dan beribadah kepada Allah SWT semata, mematuhi apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh Rasul-Nya. Orang yang memeluk agama yang agung ini wajib mengimani Allah sebagai Tuhannya, Muhammad sebagai Rasulnya, adanya malaikat, kitab-kitab suci terdahulu, hari kiamat, dan takdir baik dan buruk. Abu Hurairah (ra.) meriwayatkan, pada suatu hari datang seorang lelaki yang kemudian bertanya kepada Nabi: ”Wahai Nabi, apa yang dimaksud dengan iman?” Rasulullah menjawab: ”Kamu hendaklah percaya, yaitu beriman kepada Allah, para Malaikat, semua kitab yang diturunkan, hari pertemuan dengan-Nya, para Rasul dan percaya kepada hari kebangkitan” (HR. Bukhari-Muslim).

Mengenai segala perintah yang telah Allah dan Rasul samapaikan, sikap kita adalah sebagaimana yang terdapat dalam firman-Nya: “Kami mendengar dan kami taat” (Al Baqarah: 255). Itulah sikap berserah diri sepenuhnya kepada sang khalik. Ibnu Taimiyah (rhm.) berkata: “Islam adalah berserah diri kepada Allah saja, tidak kepada yang lainnya, beribadah hanya kepada Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun” (An Nubuwat, 127). Ibnu Qayyim (rhm.) berkata: “Islam adalah mentauhidkan Allah, beribadah kepada-Nya saja dan tiada sekutu bagi-Nya, mengimani Allah dan Rasul-Nya, serta mengikuti apa yang dibawanya” (Thariqatul Hijratain, 542). Abu Hurairah (ra.) meriwayatkan bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah SAW: “Apa Islam itu?” Nabi bersabda: “Islam ialah menyembah Allah tanpa menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, membayar zakat, dan berpuasa pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhari-Muslim).

Allah SWT menjanjikan bahwa jikalau kita memeluk Islam dan menjalankan segala syari’at yang terdapat di dalamnya, maka di mata Allah SWT kita telah dipandang sebagai golongan umat beragama yang terbaik, hal ini telah disampaikan oleh firman-Nya: ”Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan bagi umat manusia” (Ali Imran: 110). Hal yang demikian menunjukkan betapa agungnya agama ini. Maka mengapa kita harus meninggalkan agama yang haq ini demi mencari agama yang lain sebagai jalan hidup?

Dalam ayat lain Allah SWT mempertanyakan setiap jiwa yang mereka mengambil agama lain selain agama Islam: ”Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah?” (Ali Imran: 83), karena sebelumnya telah kita ketahui bersama bahwa hanya Islam sajalah yang diakui dan diridhai Allah, sementara agama yang lain tidaklah dianggap sebagai suatu agama oleh Allah dan tidak sekalipun akan mendapatkan ridha-Nya. Selanjutnya Allah berfirman yang intinya berupa peringatan bahwa jika ada manusia yang menjadikan agama selain Islam sebagai jalan hidupnya, maka ia tidak beruntung sama sekali: ”Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia takkan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang merugi” (Ali Imran: 85).

Sebagai himbauan terakhir bagi umat-Nya, Allah SWT berfirman: ”Janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan Islam” (Ali Imran: 102). Allah menerangkan melalui ayat tersebut bahwa kita dilarang keras mengambil agama lain sebagai pedoman hidup. Jikalau kita mati dalam keadaan kita memeluk agama selain Islam, maka bisa dipastikan kita termasuk hamba-Nya yang merugi. Sesungguhnya ayat tersebut menjadi peringatan serius bagi setiap manusia jika mereka mau mengambil pelajaran. Adakah mereka mau mengambil pelajaran?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Arsip

%d blogger menyukai ini: